Penanganan Error Mesin Fotocopy Canon IR Medium Series (Part 1)

//Penanganan Error Mesin Fotocopy Canon IR Medium Series (Part 1)

Penanganan Error Mesin Fotocopy Canon IR Medium Series (Part 1)

Penanganan Error Mesin Fotocopy Canon IR Medium Series – Part 1

penanganan-error-mesin-fotocopy-canon-ir-medium-series

Mesin fotocopy canon sangat bermacam jenis dan type, beberapa di antaranya adalah jenis Mesin Fotocopy medium atau sedang dengan kecepatan rata-rata antara 30-45 ppm dengan type IR 3570/4570, IR 3035/3045, IR 3235/3245 dan sejenisnya.

Berikut kami sajikan Penanganan error mesin fotocopy canon ir medium series mulai dari kode error pertama yaitu E000-0000 dan dikarenakan error mesin fotocopy sangat banyak, maka tulisan ini dibagi menjadi beberapa bagian agar lebih enak dibaca, selamat membaca.

Error Code E000 

Suhu pada bagian fixing unit terlampau tinggi (tertulis di buku manual, mungkin yang di maksud adalah rendah).

  • E000-001: Ketika mesin mulai menyala, pembacaan panas pada Thermistor utama kurang dari 30 derajat celcius selama 200 mili detik atau lebih dari 1 detik setelah power supply menyala, pembacaan Thermistor kurang dari 70 derajat celcius selama lebih dari 2 detik setelah powersupply menyala, atau kurang dari 120 detik selama 6 detik setelah power supply menyala. Mesin fotocopy type ini hanya membutuhkan waktu 30 detik untuk pemanasan sehingga jika lebih dari 6 detik panas tidak normal otomatis mesin akan error

Penanganan:

Cobalah untuk reset error mesin dengan cara: Masuk ke service mode – Copier > FUNCTION > CLEAR > ERR > OK lalu restart mesin. Jika kondisi masih tetap maka lakukanlah penggantian thermistor, paling terahir jika masalah tetap muncul adalah mengganti DC Control.

Itulah yang disebutkan dalam buku manual mesin fotocopy, namun pada kenyataan di lapangan error tersebut terdapat pada fixing unit, biasanya elemen heater pecah sehingga Thermistor tidak membaca adanya kenaikan suhu pada fixing unit, cek terlebih dahulu bagian fixing unit kemudian ganti elemen pemanas jika memang benar elemen pemanas pecah.


Error Code E001

Suhu pada bagian fixing unit terlalu Tinggi.

  • E001-0000: Pembacaan suhu pada Thermistor utama lebih dari 250 derajat celcius atau lebih selama 200 mili detik.
  • E001-0001: Jalur perangkat keras (DC Control) mendeteksi panas berlebih (overheating) pada Thermistor utama atau Thermistor pembantu selama 200 milidetik.
  • E001-0002: Pembacaan suhu Sub Thermistor (Thermistor bantu) adalah 295 derajat celcius atau lebih selama 200 milidetik.

Penanganan: 

Reset error dengan cara masuk ke service mode – COPIER > FUNCTION > CLEAR > ERR > OK lalu restart mesin. Jika error masih muncul, cobalah mengganti Thermistor atau ganti DC jika error masih muncul setelah penggantian DC. Untuk E001-0002 cobalah penggantian pada Sub Thermistor ( Thermistor bantu).

Kenyataan dilapangan sangat bermacam, paling sering adalah akibat listrik padam secara tiba-tiba sehingga DC control mendeteksi adanya pemutusan arus pada fixing, untuk kendala seperti ini lakukanlah Reser error terlebih dahulu, kemudian cek bagian thermistor.


 

Error Code E002

Suhu naik secara tidak normal (naik kadang cepat terkadang lambat).

  • E002-0000: Ketika mesin mulai menyala, pembacaan suhu pada Thermistor utama kurang dari 115 derajat celcius berlanjut selama 400 milidetik atau 1,3 detik setelah suhu mencapai 100 derajat celcius (sudu tidak naik lagi setelah mencapai 100 derajat).

Penanganan:

Reset error terlebih dahulu seperti cara di atas, lalu coba ganti Thermistor utama jika error tetap muncul, atau ganti DC Control sebagai pilihan terahir.

Kenyataan di lapangan adalah lebih sering hanya Reset Error saja mesin sudah bisa berjalan normal.


 

Error Code E003

Suhu fixing terlalu rendah ketika mesin menyala dari awalnya dalam keadaan standby (energi saver).

  • E0003-0000: Ketika kontrol temperatur sedang bekerja, pembacaan suhu pada Thermistor utama kurang dari 140 derajat Celcius selama 400 milidetik atau lebih.

Penanganan:

Reset error menjadi yang pertama dalam menghadapi segala jenis error pada mesin fotocopy, karena semua kontrol di pegang oleh DC Control, kesalahan deteksi akan sering terjadi jika DC control tidak mendapat sumber daya yang memadai. Jika error masih tetap muncul, lakukan penggantian Thermistor atau DC Control.

Kenyataan di lapangan, error ini jarang muncul jika muncu cukup di Reset error saja.


 Error Code E007

Error yang paling sering muncul pada mesin fotocopy jenis ini. Perputaran fixing film tidak benar.

  • E007-0000: Ketika motor berputar, tanda sinyal (putih) pada fixing film tidak terdeteksi selama 6 detik padahal thermistor sudah membaca suhu hingga 100 derajat celcius atau lebih.

Penanganan:

Reset error terlebih dahulu, kemudian check bagian fixing film masih normal atau sudah rusak (sobek) jika masih normal, oleskan Grease/pelumas khusus mesin fotocopy agar fixing film berputar dengan normal. Jika fixing film ternyata rusak, gantilah dengan yang baru. Jika keadaan masih berlanjut ganti DC Control.

Kenyataan di lapangan biasanya dari fixing film tidak berputar atau rusak.


 

 Error Code E010

Perputaran Motor Utama tidak normal.

  • E010-0001: Deteksi perputaran motor adalah setiap 100 milidetik setelah motor berputar, tetapi tidak terdeteksi sebanyak 2 kali.
  • E010-0002: Deteksi perputaran motor adalah setiap 100 milidetik setelah motor berputar, tetapi tidak terdeteksi sebanyak 5 kali.

Penanganan:

Reset error terlebih dahulu, jika error masih muncul, coba ganti motor utama terlebih dahulu, jika tetap muncul ganti DC Control.

Kenyataan di lapangan, biasanya pemasangan Drum unit tidak benar, atau drum kualitas buruk segingga perputaran motor tidak benar. Pembuangan limbah tidak di bersihkan sehingga mengeras dan perputaran drum menjadi terganggu.

Demikian Penanganan Error Mesin Fotocopy Canon IR Medium Series (Part 1) semoga bermanfaat.

 

Selanjutnya: Penanganan Error Mesin Fotocopy Canon IR Medium Series (Part 2)

2016-11-29T04:19:21+00:00 Mei 2nd, 2015|Info|Komentar Dinonaktifkan pada Penanganan Error Mesin Fotocopy Canon IR Medium Series (Part 1)
error: Content is protected !!