Usaha Fotocopy

Memulai suatu usaha harus pandai dalam melihat situasi dan kondisi, tak terkecuali usaha fotocopy yang harus melihat kondisi pasar dimana kita akan membuka usaha fotocopy apakah dekat dengan sekolah, kantor, atau kampus. Jangan sampai salah menempatkan posisi tempat usaha kita, di tengah kampung membuka usaha fotocopy akan sangat sulit jika mengandalkan orang-orang di sekitar kampung, lain halnya kalau kita jemput bola (mencari job fotocopy dari kantor-kantor atau sekolah-sekolah) tidak ada salahnya kita membuka usaha fotocopy dimanapun namun hal tersebut akan semakin sulit jika kebijakan di dalam kantor/sekolah telah berubah, alangkah baiknya jika tempat kita strategis kita juga menggunakan sistem jemput bola, jika tidak ada bola yang di jemput masih ada bola yang datang.

Selain memilih tempat usaha, memilih peralatan usaha juga harus dengan teliti, jika anda mau membuka usaha fotocopy di dekat sekolah/kampus yang notabene adalah tempat dimana orang-orang belajar dan sangat membutuhkan mesin fotocopy maka pilih mesin dengan kualitas bagus dan kapasitas mesin yang besar agar tidak keteteran jika ada job dalam jumlah besar. Jika membuka usaha dimana tempat usaha diperkirakan hanya akan ramai oleh orang-orang di sekitar bisa menggunakan mesin medium. Berikut ini type-type mesin yang biasa di gunakan untuk usaha fotocopy.

Type Medium (Harga 11-15 jt):

– iR 3570/4570

– iR 3035/3045

– iR 3235/3245

Kecepatan rata-rata 35-45 lembar permenit dengan kapasitas copy kurang dari 150.000 lembar per bulan. Cocok untuk usaha pemula dengan pasar yang belum di ketahui ramai atau tidaknya.

Type Besar (Harga 22-25 jt):

– iR 6570

– iR 5050

iR 5075

Kecepatan rata-rata 50-75 lembar permenit dengan kapasitas copy kurang lebih 250.000 lembar per bulan. Cocok untuk usaha dengan pasar yang sudah ramai atau untuk menambah mesin jika anda sudah memiliki usaha fotocopy sebelumnya.

Pemilihan type mesin yang tidak tepat juga berdampak pada pelayanan yang akan diberikan ke konsumen. Jika mesin terlalu lambat maka pelayanan akan menjadi lambat. Disarankan untuk memilih mesin langsung agar dapat melihat fisik mesin dan performa mesin secara langsung.

Demikian informasi mengenai Pemilihan Mesin Yang Tepat Pada Bisnis Fotocopy Semoga bermanfaat