Memperbaiki Hasil Fotocopy Yang Kurang Tajam

//Memperbaiki Hasil Fotocopy Yang Kurang Tajam

Memperbaiki Hasil Fotocopy Yang Kurang Tajam

Memperbaiki Hasil Fotocopy Yang Kurang Tajam

Faktor utama dalam kesuksesan usaha fotocopy selain tempat yang strategis adalah hasil fotocopy yang bagus, dan memuaskan. Jika hasil fotocopy jelek maka konsumen akan kapok datang ketempat fotocopy anda. Mesin fotocopy memang perlu penanganan khusus, apalagi jika penggunaan rutin pasti akan membutuhka  perawatan. Disini kami akan sedikit menjabarkan cara Memperbaiki Hasil Fotocopy Yang Kurang Tajam yang biasa di alami oleh para pengusaha fotocopy.

Karena jasa fotocopy sangat bergantung pada hasil yang memuaskan, kita harus menjaga kualitas hasil fotocopy. Cara ini bisa di praktekan langsung, namun untuk hasil bisa berbeda-beda tergantung kondisi mesin dan cara penanganan.

Yang perlu kita ketahui sebelum melakukan perawatan adalah bagian-bagian mana saja yang berhubungan dengan hasil pada mesin fotocopy

  • Kaca Scanner (Platen maupun DADF)
  • Lampu Scanner
  • Scanner
  • Drum
  • Developer
  • Corona atas dan bawah
  • Fixing
  • Toner
  • Kertas

Kenapa ada kertas pada poin terahir? Karena ada beberapa kasus kertas lembab sehingga toner yang menempel pada kertas tidak sempurna, dan hasilpun menjadi tidak bagus.

Poin-poin diatas sudah di urutkan sesuai dengan alur pembuatan gambar pada mesin fotocopy pada umumnya, sehingga kita akan mulai dari point nomor 1

Kaca Scanner

Kaca scanner berfungsi untuk meletakan master/berkas yang akan di fotocopy sehingga sangat berpengaruh terhadap hasil yang di keluarkan mesin fotocopy. Bersihkan secara berkala kaca scanner agar gambar yang di copy tetap bagus. Perhatikan dengan seksama apakah ada debu atau sesuatu yang menghalangi kaca jika hasil fotocopy kurang bagus.

Lampu Scanner

Lampu scanner juga berpengaruh pada hasil apabila tidak berfungsi dengan normal, perhatikan lampu scanner apakah cahaya yang di hasilkan terang atau ada kelainan.

Scanner

Scanner adalah ibarat mata bagi mesin fotocopy, jika penglihatan mesin fotocopy buruk, maka gambar yang di hasilkan akan buruk juga. Hati-hati dalam membersihkan scanner agar lensa tidak tergores atau cacat.

Drum

Drum juga sangat penting dalam mesin fotocopy, karena setelah melalui proses scanning maka proses pembuatan gambar selanjutnya terjadi pada drum. Jika drum mengalami kerusakan atau ada kelainan pada drum maka gambar yang di hasilkan akan kurang bagus. Pada mesin medium biasanya ada penggantian drum rutin setiap sekian ribu lembar, pada mesin mesar dengan drum assy maka cukup membersihkan drum dengan cairan pembersih. Hati-hati dalam membersihkan drum mesin besar, karena sangat sensitif terhadap sentuhan tangan apalagi dengan benda-kasar, karna dapat merusak drum. Lapisan drum yang terbuat dari campuran silikon mudah terluka jika terkena benda padat walaupun sangat kecil.

Bersihkan drum dengan cairan pembersih yang tepat, biasanya menggunakan cairan khusus pembersih drum atau bisa menggunakan sanpoly untuk pengganti cairan khsusu tsb. Bersihkan dan keringkan segera agar tidak ada bercak bekas cairan pada drum dan pastikan drum bersih mengkilap sebelum di pasang. Gunakan bubuk khusus drum sebagai pelumas agar drum tidak menempel pada Cleaning Blade yang terbuat dari karet, bisa menggunakan bedak bayi yang lembut untuk pengganti bubuk drum.

Developer

Jika hasil fotocopy pudar atau tidak pekat, bisa jadi magnet developer sudah mulai tipis atau terlalu kotor sehingga toner tidak menempel baik pada magnet developer. Bersihkan developer dari tinta-tinta yang menempel, kemudian poles permukaan magnet dengan sanpoly atau cairan pembersih sejenisnya. Pastikan magnet developer masih bagus, hitam, dan magnet masih kuat.

Corona Atas dan Bawah

Corona Wire adalah komponen penting di mesin fotocopy (khususnya Canon type besar) yang menghasilkan muatan dan teganggan tinggi untuk menghasilkan gambar dan menempelkan gambar pada kertas, sehingga kinerja Corona harus di perhatikan. Jika corona kotor alhasih gambar yang di hasilkan akan tidak sempurna (biasanya bergaris atau kabur).

Pembersihan corona secara rutin (minimal 2 minggu sekali jika ramai) akan sangat baik untuk gambar yang di hasilkan, dan mengurangi resiko percikan api dari teganggan tinggi yang bisa mengakibatkan cacat pada drum (jarak corona dan drum kurang lebih 0.5cm atau kurang).

Fixing Heater Unit

Komponen ini lebih dikenal dengan Pemanas, sesuai dengan namanya komponen ini berfungsi untuk memanaskan toner yang sudah menempel pada kertas agar menyatu dengan kertas dan tidak bisa di hapus lagi. Jika kinerja fixing tidak baik, maka hasil yang menempel di kertas akan tidak bagus juga. Kebanyakan jika fixing tidak bekerja dengan baik, hasil yang keluar akan mudah di hapus, dan kadang tidak jelas.

Toner

Penggunaan Toner juga salah satu faktor yang mempengaruhi hasil fotocopy, jika toner yang di gunakan tidak bagus mutu dan formulanya maka hasil fotocopy menjadi tidak bagus, dan cenderung pucat.

 

Demikian sedikit penjelasan mengenai Cara Memperbaiki Hasil Fotocopy Yang Kurang Tajam semoga bermanfaat.

2017-03-15T07:24:48+00:00 Maret 15th, 2017|Uncategorized|Komentar Dinonaktifkan pada Memperbaiki Hasil Fotocopy Yang Kurang Tajam
error: Content is protected !!